Tentang Kami


Thamrin School merupakan inisiatif multi-pihak untuk mendorong pemikiran kritis dan progresif tatakelola sumberdaya alam, lingkungan dan perubahan iklim yang adil, berkelanjutan dan berpihak pada kepentingan publik. Fokus  pembahasan meliputi empat tema berikut:

  • Ekonomi Politik. Memahami dinamika ekonomi politik di berbagai tingkat tatakelola baik pada tataran global, nasional, maupun sub-nasional menjadi  titik penting didalam memahami dinamika aktor termasuk interaksinya dalam mengaktualisasikan kepentingannya melalui penyusunan suatu kebijakan, program maupun tatakelolanya.
  • Transformasi Ekonomi. Pilihan-pilihan ekonomi yang menguntungkan secara ekonomi, sosial dan lingkungan menjadi bagian penting bagia adanya transformasi ekonomi menuju pembangunan berkelanjutan.
  • Bisnis dan Perubahan Iklim. Perubahan iklim memiliki dimensi bukan hanya dampak, tetapi berbagai peluang untuk mendorong inovasi sehingga barang dan jasa tersedia dalam suatu rantai pasok yang footprint yang rendah, aman dan berkelanjutan.
  • Komunikasi Strategik. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi hendaklah dijadikan sebagai media dalam membangun suatu ruang publik yang sehat antara negara(state) dan masyarakatnya (civil society).

Berbagai kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Dialog Reguler,  dilaksanakan dalam berbagai format baik tatap muka langsung maupun melalui media on-line yang hasilnya dikemas dan disebarluaskan melalui media sosial, seperti Twitter, Facebook, google+, slideshare, dan media sosial populer lainnya.
  • Expert Briefing, fasilitasi dialog dengan pakar yang memiliki kemampuan profesional baik perseorangan maupun mitra yang mendukung kegiatan Thamrin School diberbagai bidang untuk merespon berbagai persoalan aktual yang diperbincangkan publik.
  • Thamrin School Camp, pertemuan tahunan yang digagas untuk berbagi pengetahuan dan informasi tentang berbagai isu strategik yag terkait dengan tatkelola sumberdaya alam, lingkungan dan perubahan iklim.
  • Knowledge Management, mengkonsolidasikan berbagai data dan informasi serta pemanfaatan perangkat lunak berbasis open source untuk memperluas akses publik terhadap informasi maupun peningkatan kapasitas teknis dalam pengelolaan, pengolahan dan analisis datanya.
  • Penyebarluasan berbagai informasi secara masif melalui berbagai media baik on-line maupun off-line.